Galery Automotive
Informasi Automitive

Tips Membeli Mobil Bekas

Coba anda bayangkan???saat anda mengeluarkan budget banyak untuk membeli mobil bekas (red.second) dan ,Mobil itu belum tentu sesuai dengan harga yang terlalu tinggi,,nah pasti banyak banget pertimbangan yang harus dipikirkan.kadang sih kita pengennya beli mobil bekas dengan harga yang murah tapi kondisi bagus!! nah lo…sapa yang ga mau coba??hmm…..cuman dari sekian juta mobil bekas di indonesia yang mempunyai kriteria seperti itu hanya sekian persen aja..nah kalo sekedar saran seh,,…

misal udah puyeng darah tinggi naek gara-gara nyari mobil bekas kondisi OK dan murah gak dapet-dapet,,mendingan seeehhh..kita rela mecahin celengan. Maksudnya nih..harga sedikit lebih mahal ndak masalah, yang penting TOP Banget gituuhh…kan mau dipake sendiri,,yah harus yg good conditionn,,ga terlalu banyak ragat (red.*kata makelar mobil) hehehe… ne ada sedikit tips untuk memilih kondisi mobil :

1. Body = diusahakan memilih yang masih utuh, artinya blum kropos, nat-nat body masih lurus, nut=lekukan body mobil, kaleng/blum ada dempul yang melekat, dan kalo bisa orisinil cat) kalo menurut saya seh, mending mobil cat nya abis (mbladus) tapi orisinil, dari pada yang masih mengkilap tapi cat ulang+dempul tebal. nah knapa saya bilang dempul tebal kurang baek?? karena dempul bisa merubah nut yg kurang lurus menjadi sempurna. Kita pasti ndak tau apa di balik dempul itu, entah abis penyok, tabrakan dll.

2. Mesin = diusahakan nyari mesin yang kerin (belum ada tetesan OLie/olie yg keluar dari perpak) kalo ada yg kuluar brarti kita harus turun mesin ganti packing tuh,,,dan nyari mesin yg halus (dalam artian kondisi ndak rusak) metal jalan, seker harus dicek. Untuk memastikan seh cukup geber mesin mobil dan liat aja dibagian knalpot kluar asap ndak??

3. Kaki-kaki = test dulu mobil untuk jalan, untuk belok full stir,,kalo udah bunyi kletek-kletek wahhh bakalan mahal tu benerinnya…

4. Interior = nyari yang orisinilnya (jok/dashbord,dek pintu) misal udah di bungkus kulit si ndak papa, asal ga dilepas aslinya. selera juga sih..:)

5. Keabsahan Surat = cek fisik dulu aja ke POLRES. tanggungan resmi deh…

nah kayaknya itu dulu deh tips nya,,sbenernya masih banyak banget yg perlu dipertimbangin…cuman next time aja kali disambung lagi..hehe kaya surat menyurat aja ya….

key..slamat mnembeli mobill……

About these ads

11 Responses to “Tips Membeli Mobil Bekas”

  1. bagus sekali lho tipsnya….
    sayang kurang banyak kekekee,,, ayo tambah lg dong tipsnya…? :)

  2. I was wondering, do you had any more blogs?

  3. makasih tipsnya boss..

  4. salam kenal…Wah ok banget ini tips mas… saya link di blog saya ya… kapan-kapan mampir mas di blog saya.. Thanx…

  5. gmana klo beli mobil panther thun 93/94 yg dempul tapi klihatannya bagus? mesin lumayan sih…harga dbawah 35jt

  6. posisi mobil dimana pak??
    karoseri apa ya pak??
    makasih pak udah kunjungi web ini…

  7. selamat malam mapir ah..

  8. Kata tukang bengkel dekat rumah saya, mending cari mobil bekas dilihat dari bodi (cat & Interior) daripada mesin. Karena bodi lebih mahal perbaikinya daripada mesin. Betul gak boss…..???

  9. Menurut saya memang begitu pak domo, tapi mungkin ada juga yang berpendapat lain. Banyak pertimbangan juga pak domo.trima kasih sudah mampir,,ditunggu komentar berikutnya bapak.

  10. Om, bisa kasih tips khusus untuk beli VW kodok/bettle, lagi naksir VW nih, tpi ngeri juga beli mobil setua itu.

    Terimakasih Om.

  11. Halo om Ely,,,

    Dari pengalaman saya pribadi belum pernah memakai jenis kendaraan ini ternyata jenis kendaraan inilah yang paling simpel dan mudah perawatannya asal kita mau sedikit perduli dengan kondisinya.

    Sesuatu hal yang wajar bila mobil bekas harus lebih telaten dalam pembenahannya mengingat rata-rata pemilik VW saat ini bukanlah pemilik pertama bahkan mungkin tangan ke 3,4 atau 5 sedangkan tahun pembuatannya relatif tua antara 50 s/d 80 sehingga bukan mustahil kondisi yang ada sangatlah buruk dan beragam tingkat kesulitannya seperti body yang sudah dimodifikasi, mesin yang asal bisa hidup dan yang paling sering dan riskan adalah kondisi jaringan kabelnya. oba kita tinjau kondisi-kondisi berikut :
    Ciri yang paling khas adalah tanpa radiator dan perhatikan sirip kipas pendinginnya, bandingkan dengan sirip turbin.
    Suspensi independent.
    Beberapa jenis telah menerapkan rem cakram.
    Stabiliser yang terpasang.
    Two wheel drive (yang bergerak dua roda).
    Torsi yang cukup besar untuk cc nya sehingga sangat baik untuk tenaga tanjakan.
    Dsb.
    kondisi-kondisi yang paling sederhana tetapi bila diperhatikan akan terasa betapa pentingnya agar VW kita dapat beroperasi dengan baik , aman dan nyaman.
    Biasakan mendengar suara mahal, istilah ini saya pakai mengingat bila terdapat jenis suara ini maka perbaikannya akan sangat mahal.
    Biasakan memperhatikan lampu kontrol pada dashboard terutama lampu charge dan oli.
    Kedua jenis parameter inilah biasanya yang sangat menentukan kelangsungan hidup VW anda sebab sangat berdampak kepada operasi mesin VW.
    Kemudian,Bila suara mesin anda terdengar tak..tak..tak.. yang berkelanjutan pada saat mesin konstan biasanya menunjukan adanya ketidak beresan pada metalan (main bearing) bahayanya tidak langsung muncul tetapi akan sangat riskan untuk perjalanan jauh dan satu-satunya perbaikan adalah turun mesin, jangan khawatir, bagi VW turun mesin tidaklah sesulit mobil lain, hari ini turun besok sudah selesai. Perlu jadi perhatian mesin konstan dimaksud adalah setelah mesin cukup panas untuk dioperasikan atau oli sudah merata maka dapat kita lihat betapa pentingnya proses pemanasan mesin sebelum pengoperasian sehari-hari dan boleh dibilang 3 menit pertama pemanasan adalah 3 menit kritis, bila lancar maka mudah-mudahan dapat beroperasi dengan baik sebab gejala vital dapat dirasakan pada menit-menit pertama tersebut.
    perlu diperhatikan juga,Lampu dashboard,Tanda-tanda lampu inipun sangatlah penting, mengingat VW standard tidak memiliki alat ukur temperatur dan juga alat ukur oli.

    mungkin hanya itu om ely yg bisa saya tambahkan,sebagai penunjang tidak lepas dari tips artikel diatas,semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: